Kegiatan Kami

PROGRAM KERJA OSIS SMA INSAN KAMIL MASA BAKTI
2009/2010

Adapun program kerja yang akan dijalankan sebagai berikut :

1. Ketua

1. Berusaha memimpin & mengkoordinasi organisasi dengan baik & benar.
2. Memberikan keputusan serta kebijaksanaan dalam penyelesaian suatu permasalahan dengan jalan musyawarah dengan seluruh pengurus.
3. Memperkuat komunikasi & informasi baik dengan pembina ataupun dengan para pengurus, demi berjalannya semua program kerja yang sudah dirumuskan sebelumnya.
4. Membuat laporan pertanggung jawaban kerja setiap akhir bulan yang akan dikumpulkan pada akhir tahun.

2. Wakil Ketua 1 & 2

1. Menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab & konsekuen.
2. Membantu Ketua dalam memutuskan suatu kebijaksanaan & keputusan yang berhubungan dengan keorganisasian.
3. Membuat laporan pertanggung jawaban kerja setiap akhir bulan yang akan dikumpulkan pada akhir tahun.

3. Sekretaris 1 & Sekretaris 2

1. Membantu serta memberikan dukungan motivasi kepada ketua & wakil dalam pelaksanaan tugasnya dengan cara memberikan masukan ide, gagasan serta saran yang membantu jalannya tugas tersebut, khususnya yang berhubungan dengan bidang kesekretarisan.
2. Mengumpulkan, menyimpan, menyusun, & mengetik program kerja setiap seksi bidang, proposal kerja, laporan keuangan, & laporan pertanggung jawaban OSIS di akhir tahun nanti.
3. Mengumpulkan, menyimpan, serta mengamankan arsip & data- data OSIS yang ada dengan baik & benar.
4. Memiliki lemari arsip & seperangkat komputer agar dapat menjalankan tugas kesekretarisan dengan baik & benar.
5. Bekerja sama dengan bendahara khususnya dan tiap seksi bidang umumnya dalam penyusunan dan pengetikan setiap laporan yang harus dibuat.
6. Membuat laporan pertanggung jawaban kerja setiap akhir bulan yang akan dikumpulkan pada akhir tahun.
7. Mendukung secara penuh setiap program kerja dan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh OSIS.

4. Bendahara 1 & Bandahara 2

1. Membantu dan memberikan dukungan motivasi kepada ketua dan wakil dalam pelaksanaan tugasnya, khususnya yang berhubungan dengan bidang keuangan.
2. Menyusun semua pengeluaran uang yang akan digunakan untuk keperluan OSIS dalam jangka satu tahun dengan baik dan benar.
3. Bekerja sama dengan sekretaris dalam penyusunan proposal dan laporan keuangan OSIS.
4. Bekerja sama pula dengan setiap seksi bidang dalam pemenuhan dana untuk keperluan kegiatan-kegiatan yang akan diselenggarakan oleh OSIS .
5. Membuat laporan pertanggung jawaban kerja setiap akhir bulan yang akan dikumpulkan pada akhir tahun

5. Seksi Bidang Kerohanian

1. Melanjutkan, melaksanakan & meningkatkan pengajian rutin yang diadaan setiap hari di sekolah.
2. Melanjutkan, melaksanakan & meningkatkan pengajian MAR`ATUN SHOLIHAH yang dilaksanakan setiap hari Jum’at bekerja sama dengan seksi bidang pendidikan & keputrian, serta seksi bidang lain yang terkait.
3. Melanjutkan, melaksanakan & meningkatkan pengajian MAR`ATUN SHOLIHAH yang dilaksanakan setiap 2 minggu sekali dengan peserta santriat SMA, SMA, dan umum, bekerja sama dengan seksi bidang pendidikan & keputrian, serta seksi bidang lain yang terkait.
4. Melanjutkan, melaksanakan & meningkatkan pengajian MAR`ATUN SHOLIHAH yang dilaksanakan setiap 2 minggu sekali dengan peserta santriat SMA, SMA, dan umum, bekerja sama dengan seksi bidang pendidikan & keputrian, serta seksi bidang lain yang terkait.
5. Melanjutkan, melaksanakan & meningkatkan pengajian MAR`ATUN SHOLIHAH yang dilaksanakan setiap 2 minggu sekali dengan peserta santriat SMA, SMA, dan umum, bekerja sama dengan seksi bidang pendidikan & keputrian, serta seksi bidang lain yang terkait.
6. Mengadakan kegiatan muhadloroh yang dilakukan oleh perwakilan tiap kelas sebelum belajar setiap hari Sabtu.
7. Pendisiplinan dalam penbacaan do’a Ad’iyyatul Ma`tsuroh sebelum pelaksanaan kegiatan belajar.
8. Pembacaan do’a Ad’iyyatul Ma`tsuroh oleh petugas dari seksi bidang kerohanian.
9. Pendisiplinan tingkat kehadiran santri & santriat pada pelaksanaan sholat Dhuha, sholat Ashar, pengajian rutin, pengajian Mar`atun Sholihah ( untuk santriat ), dengan pengaktifan kembali absensi setiap kegiatan di atas.
10. Mengusahakan penyediaan kitab pada pengajian rutin dengan tujuan agar seluruh santri & santriat lebih berkonsentrasi dalam mengikuti pengajian.
11. Pemberantasan buta huruf Al-Qur`an bagi yang belum mampu membaca Al-Qur`an.
12. Membuat ringkasan pengajian Dhuha & Qobla Zhuhur.
13. Membuat slogan-slogan keagamaan guna mengajak & meningkatkan kebaikan yang dipasang di mading & tempat-tempat tertentu.
14. Mengadakan perlombaan-perlombaan yang menyangkut dengan study Islam, baik pada saat Class Meeting, ataupun waktu- waktu yang ditentukan kemudian.
15. Membuat laporan pertanggung jawaban kerja setiap akhir bulan untuk dikumpulkan pada akhir tahun.
16. Bekerja sama dengan seksi bidang yang lainnya dalam rangka penyuksesan seluruh program kerja OSIS Masa Bakti 2009/2010.

6. Seksi Bidang Pendidikan ( K.I.R. = Karya Ilmiah Remaja )

1. Berusaha untuk menberikan dorongan serta meningkatkan motivasi dan semangat belajar seluruh santri & santriat SMA Insan Kamil, agar tercapainya peningkatan prestasi yang maksimal dari seluruh santri & santriat SMA Insan Kamil.
2. Melanjutkan, melaksanakan & meningkatkan kualitas jalannnya Kuis Insan Kamil setiap satu catur wulan sekali, baik secara intern ataupun secara ekstern dengan sekolah lain.
3. Mengadakan perlombaan-perlombaan yang mendidik, baik pada saat acara Class Meeting ataupun waktu-waktu yang ditentukan kemudian, dengan tujuan untuk memacu semangat belajar pada santri & santriat.
4. Bekerja sama dengan seksi bidang humas khususnya dan seksi bidang terkait lainnya dalam pengutusan santri & santriat untuk mengikuti kegiatan yang berhubungan dengan pendidikan di luar sekolah.
5. Membuat laporan pertanggung jawaban kerja setiap akhir bulan untuk dikumpulkan pada akhir tahun.
6. Bekerja sama dengan seksi bidang yang lainnya dalam rangka penyuksesan seluruh program kerja OSIS Masa Bakti 2009/2010.

7.Seksi Bidang Hubungan Masyarakat ( HUMAS )

1. Berusaha meningkatkan hubungan dengan masyarakat, baik secara intern dengan seluruh santri & santriat SMA Insan Kamil ataupun secara ekstern dengan masyarakat umum.
2. Peningkatan komunikasi & informasi secara tepat, cepat, dan benar baik untuk intern ataupun ekstern.
3. Memberikan informasi & penjelasan baik secara lisan maupun tertulis kepada seluruh santri & santriat semuanya mengenai setiap kegiatan yang diselenggarakan OSIS & seksi bidang lainnya.
4. Memantau berbagai masalah yang terjadi di kalangan santri & santriat mukim maupun non mukim.
5. Berusaha meningkatkan kerja sama & komunikasi baik antara sesama pengurus OSIS ( intern ) maupun antara pengurus OSIS dengan murid-murid Insan Kamil ( ekstern ).
6. Berusaha untuk menghilangkan pandangan atau anggapan tentang perbedaan santri Al-Ihya ( mukim ) dan santri Insan Kamil ( non mukim ), demi terciptanya persatuan & kesatuan yang kuat & kokoh antara keduanya.
7. Meningkatkan hubungan Ukhuwah Islamiyyah dengan sekolah lain dengan cara mengadakan diskusi & bertukar pikiran tentang suatu permasalahan yang aktual di masyarakat.
8. Mengadakan diskusi antar kelas dengan tema yang ditentukan guna meningkatkan daya pikir ( nalar ) dan komunikasi pada santri & santriat SMA Insan Kamil.
9. Bekerja sama dengan seksi bidang terkait dalam mempersiapkan utusan dalam suatu kegiatan yang diselenggarakan di luar sekolah.
10. Membuat dokumentasi kegiatan OSIS yang telah berlangsung.
11. Membuat laporan pertanggung jawaban kerja setiap akhir bulan untuk dikumpulkan pada akhir tahun.
12. Bekerja sama dengan seksi bidang yang lainnya dalam rangka penyuksesan seluruh program kerja OSIS Masa Bakti 2009/2010.

8. Seksi Bidang Keamanan & Bela Negara

1. Menjaga stabilitas & keamanan pada kegiatan sehari-hari di sekolah.
2. Menjaga stabilitas & keamanan pada setiap pelaksnaan kegiatan OSIS baik di dalam maupun di luar sekolah.
3. Menjaga keamanan seluruh fasilitas yang ada di sekitar lingkungan Insan Kamil.
4. Membentuk serta mengadakan latihan rutin secara kontinyu Pasukan Pengibar Bendera.
5. Membuat laporan pertanggung jawaban kerja setiap akhir bulan untuk dikumpulkan pada akhir tahun.
6. Bekerjasama dengan seksi bidang yang lain dalam rangka penyuksesan seluruh program kerja OSIS Masa Bakti 2009/2010.

9. Seksi Bidang Kewiraswastaan, Keterampilan & Kreasi Seni.

1. Menampung & mengembangakan santri & santriat yang berminat & berbakat di bidang seni.
2. Menjalankan kembali program Majalah Dinding ( Mading ), sebagai sarana informasi & komunikasi di SMA Insan Kamil secara kontinyu, teratur, & terkoordinir.
3. Mewajibkan kepada setiap kelas untuk mengirimkan hasil karya seninya, minimal 4 buah setiap minggunya.
4. Mengadakan perlombaan-perlombaan di bidang karya seni.
5. Mengadakan acara pergelaran kesenian sebagai penyaluran bakat dalam bidang kesenian.
6. Bekerja sama dengan seksi bidang yang lain dalam persiapan & pelaksanaan acara-acara peringatan hari-hari besar Islam & kegiatan-kegiatan OSIS yang lainnya.
7. Membuat laporan pertanggung jawaban kerja setiap akhir bulan untuk dikumpulkan pada akhir tahun.
8. Bekerja sama dengan seksi bidang yang lainnya dalam rangka penyuksesan seluruh program kerja OSIS Masa Bakti 2009/2010.

10. Seksi Bidang Olah Raga

1. Menerima, menampung, dan mengkoordinasi secara tepat santri & santriat SMA Insan Kamil yang berbakat & berminat dalam bidang olah raga.
2. Membentuk serta mengadakan latihan rutin secara kontinyu tim-tim yang sudah terbentuk, baik dari santri maupun dari santriat.
3. Melanjutkan serta meningkatkan kualitas jalannya pertandinagan bola basket dan sepak bola serta bidang olah raga yang lainnya di Insan Kamil.
4. Mengadakan pertandingan-pertandingan berbagai cabang olah raga antar kelas, baik pada saat diadakannya Class Meeting atupun waktu-waktu yang lainnya.
5. Mengadakan pertandingan persahabatan dengan sekolah lain, mempererat tali Ukhuwah Islamiyyah dan juga sebagai evaluasi baga tim-tim cabang olah raga yang sudah dibentuk sebelumnya.
6. Mengikuti pertandingan-pertandingan yang diadakan di luar sekolah, guna pengembangan kemampuan & pengalaman dalam beprestasi di cabang olah raga yang bersangkutan.
7. Membuat laporan pertanggung jawaban kerja setiap akhir bulan untuk dikumpulkan pada akhir tahun.
8. Bekerja sama dengan seksi bidang yang lain dalam rangka penyuksesan seluruh program kerja OSIS Masa Bakti 2009/2010.

11. Seksi Bidang Kebersihan & Kesehatan

1. Berusaha untuk menjaga kebersihan & kesehatan lingkungan di SMA Insan Kamil & sekitarnya.
2. Memberikan pertolongan pertama pada santri maupun santriat yang sakit pada saat mengikuti kegiatan belajar mengajar, kegiatan upacara bendera, ataupun pada saat kegiatan yang lainnya.
3. Penyediaan obat-obatan bagi santri & santriat yang sakit saat mengikuti proses KMB ataupun kegiatan yang lainnya di SMA Insan Kamil.
4. Membentuk petugas Kesehatan guna menjaga kesehatan murid-murid Insan Kamil dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan tertentu.
5. Mewajibkan kepada setiap kelas untuk memiliki peralatan kebersihan, organigram kelas, & berbagai hiasan dinding, guna terciptanya ruangan kelas yang nyaman, sehingga dapat tercapainya konsentrasi yang maksimal pada saat mengikuti pelajaran.
6. Mengadakan perlombaan-perlombaan kebersihan & kesehatan dengan kriteria yang telah ditentukan, guna memacu kesadaran akan suasana lingkungan yang bersih & sehat.
7. Membuat laporan pertanggung jawaban kerja setiap akhir bulan untuk dikumpulkan pada akhir tahun.
8. Bekerja sama dengan seksi bidang yang lainnya dalam rangka penyuksesan seluruh program kerja OSIS Masa Bakti 2009/2010.

12. Seksi Bidang Sarana &Prasarana ( Logistik )

1. Membantu pemeliharaan seluruh sarana & prasarana yang ada di SMA Insan Kamil dengan baik & benar.
2. Membantu setiap penyelenggaraan berbagai kegiatan OSIS, khususnya yang berhubungan dengan sarana & prasarana.
3. Menjaga setiap sarana & prasarana tetap OSIS, demi kelangsungan setiap kegiatan yang akan dilaksanakan.
4. Mendata setiap sarana & prasarana yang rusak atau tidak berfungsi lagi, untuk selanjutnya dilaporkan kepada pembina, guna penanganan lebih lanjut.
5. Membuat laporan pertanggung jawaban kerja setiap akhir bulan untuk dikumpulkan pada akhir tahun.
6. Bekerja sama dengan seksi bidang yang lain dalam rangka penyuksesan seluruh program kerja OSIS Masa Bakti 2009/2010.

13. Seksi bidang Keputrian

1. Melanjutkan, melaksanakan, serta meningkatkan jalannya pengajian MAR`ATUN SHOLIHAH yang dilaksanakan di MAJLIS Al- Ihya setiap 1 minggu sekali, bekerja sama dengan seksi bidang kerohanian, pendidikan, serta seksi bidang lain yang terkait.
2. Melanjutkan,melaksanakan, serta meningkatkan jalannya pengajian MAR`ATUN SHOLIHAH yang dilaksanakan setiap hari Jum’at, bekerja sama dengan seksi bidang yang terkait.
3. Mengadakan seminar lokal, dan penyuluhan–penyuluhan tentang kewanitaan atau keputrian.
4. Seksi bidang keputrian juga berfungsi sebagai keamanan dan ketertiban, bekerja sama dengan seksi bidang keamanan & bela negara.
5. Bekerja sama khususnya dengan bendahara dalam persiapan konsumsi berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh OSIS.
6. Membuat laporan pertanggung jawaban kerja setiap akhir bulan untuk dikumpulkan pada akhir tahun.
7. Bekerja sama dengan seksi bidang yang lainnya dalam rangka penyuksesan seluruh program kerja OSIS Masa Bakti 2009/2010.

OSIS SMA Insan Kamil Masa Bakti 2009/2010